badan usaha perusahaan

Bidang Usaha Perusahaan Berdasarkan KLBI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia)

Pilih dan tentukan KBLI dengan baik, beberapa bidang usaha perusahaan tidak boleh dicampur dengan lainnya. Pelajari selangkapnya disini.

Saat mendirikan Perseroan Terbatas atau PT, salah satu syarat yang perlu Anda lalui adalah memilih jenis bidang usaha perusahaan KBLI. KBLI sendiri merupakan klasifikasi aktivitas ekonomi di Indonesia yang menghasilkan produk barang maupun jasa. Jika Anda ingin mendaftarkan bidang usaha perusahaan Anda ke dalam akta, Anda perlu memasukkan KBLI 2020.

Konten:

  1. Jenis – Jenis Bidang Usaha Perusahaan Menurut KLBI
  2. Bisakah satu perusahaan memiliki jenis usaha yang beragam?
  3. Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

Jenis – Jenis Bidang Usaha Perusahaan Menurut KLBI

Ketika memilih KBLI, Anda perlu memikirkannya matang-matang. Hal ini karena ada beberapa bidang usaha yang tidak boleh dicampur dengan jenis bidang usaha lainnya. Berikut ini adalah 10 jenis bidang usaha dari 21 klasifikasi yang termasuk dalam KLBI.

Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan

Kategori bidang usaha perusahaan ini mencakup semua kegiatan ekonomi/lapangan usaha, yang meliputi pertanian tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, peternakan, pemanenan hasil hutan serta penangkapan dan budidaya ikan/biota air. Dan juga mencakup jasa penunjang masing-masing kegiatan ekonomi tersebut.

Pertambangan dan Penggalian

Kategori Pertambangan dan Penggalian mencakup kegiatan ekonomi/lapangan usaha pengambilan mineral dalam bentuk alami. Kegiatan tersebut diantaranya yaitu padat (batu bara dan bijih logam), cair (minyak bumi) atau gas (gas alam). Kegiatan ini dapat dilakukan dengan metode yang berbeda seperti pertambangan. Selain itu juga metode penggalian di permukaan tanah atau dibawah tanah, pengoperasian sumur pertambangan, penambangan di dasar laut dan lain-lain. Kategori ini juga mencakup kegiatan tambahan untuk penyiapan barang tambang dan galian mentah untuk dipasarkan seperti pemecahan, pengasahan, pembersihan, pengeringan, sortasi bijih logam, pencairan gas alam dan aglomerasi bahan bakar padat.


Baca juga: Akta Pendirian Perusahaan: Pengertian dan Syarat Pembuatannya

Industri Pengolahan

Kategori ini meliputi kegiatan ekonomi/lapangan usaha di bidang perubahan secara kimia atau fisik dari bahan, unsur atau komponen menjadi produk baru. Bahan baku industri pengolahan berasal dari produk pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan atau penggalian seperti produk dari kegiatan industri pengolahan lainnya. Perubahan, pembaharuan atau rekonstruksi yang pokok dari barang secara umum diperlakukan sebagai industri pengolahan. Unit industri pengolahan digambarkan sebagai pabrik, mesin atau peralatan yang khusus digerakkan dengan mesin dan tangan. Termasuk kategori industri pengolahan di sini adalah unit yang mengubah bahan menjadi produk baru dengan menggunakan tangan, kegiatan maklon atau kegiatan penjualan produk yang dibuat di tempat yang sama di mana produk tersebut dijual dan unit yang melakukan pengolahan bahan-bahan dari pihak lain atas dasar kontrak.

Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas dan Udara Dingin

Kategori ini mencakup kegiatan ekonomi/lapangan usaha pengadaan tenaga listrik, gas alam, uap panas, air panas dan sejenisnya melalui jaringan, saluran atau pipa infrastruktur permanen. Dimensi jaringan/infrastruktur tidak dapat ditentukan dengan pasti, termasuk kegiatan pendistribusian listrik, gas, uap panas dan air panas serta sejenisnya dalam lokasi pabrik atau bangunan tempat tinggal. Kategori ini juga mencakup pengoperasian mesin pembangkit listrik dan gas, yang menghasilkan, mengontrol dan menyalurkan tenaga listrik atau gas. Juga mencakup pengadaan uap panas dan udara dingin/sistem tata udara. Termasuk kegiatan produksi es baik untuk kebutuhan konsumsi maupun kebutuhan lainnya. Kategori ini tidak mencakup pengoperasian sarana air bersih dan pembuangan limbah/kotoran, lihat golongan pokok 36 dan 37. Juga tidak mencakup (khususnya jarak jauh) angkutan gas melalui saluran pipa.

Perusahaan Pengadaan Listrik | Founders.co.id
Badan Usaha Perusahaan Pengadaan Listrik | Founders.co.id

Treatment Air, Treatment Air Limbah, Treatment dan Pemulihan Material Sampah, dan Aktivitas Remediasi

Kategori ini mencakup kegiatan ekonomi/lapangan usaha yang berhubungan dengan treatment air. Kategori ini juga mencakup treatment berbagai bentuk limbah dan sampah, seperti limbah dan sampah padat atau bukan yang berasal dari rumah tangga dan industri, yang dapat mencemari lingkungan. Hasil dari proses pengolahan limbah dan sampah dapat dibuang atau menjadi input dalam proses produksi lainnya.

Konstruksi

Kategori ini mencakup kegiatan ekonomi/lapangan usaha di bidang konstruksi, yaitu kegiatan konstruksi umum dan konstruksi khusus pekerjaan bangunan gedung dan bangunan sipil. Kegiatan konstruksi mencakup pekerjaan baru, perbaikan, penambahan dan perubahan, pendirian bangunan atau struktur prefabrikasi di lokasi proyek dan juga konstruksi yang bersifat sementara. Kegiatan konstruksi umum berupa konstruksi bangunan hunian, bangunan kantor, pertokoan, dan bangunan lainnya. Sedangkan konstruksi bangunan sipil seperti jalan kendaraan bermotor, jalan raya, jembatan, terowongan, jalan rel, lapangan udara, pelabuhan dan bangunan air lainnya, sistem irigasi, sistem limbah, fasilitas industri, jaringan pipa dan jaringan listrik, fasilitas olahraga, dan lain-lain. Kegiatan konstruksi khusus, seperti penyiapan lahan, instalasi gedung dan penyelesaian gedung dan lain-lain.

Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor

Kategori ini meliputi kegiatan ekonomi/lapangan usaha di bidang perdagangan besar dan eceran (yaitu penjualan tanpa perubahan teknis) dari berbagai jenis barang, dan memberikan imbalan jasa yang mengiringi penjualan barang-barang tersebut. Baik penjualan secara grosir (perdagangan besar) maupun eceran merupakan tahap akhir dalam pendistribusian barang dagangan. Kategori ini juga mencakup reparasi mobil dan sepeda motor.

Pengangkutan dan Pergudangan

Kategori ini mencakup penyediaan angkutan penumpang atau barang, baik yang berjadwal maupun tidak, dengan menggunakan jalan rel, saluran pipa, darat, perairan atau udara dan kegiatan yang berhubungan dengan itu seperti fasilitas terminal dan parkir, penanganan kargo/bongkar muat barang, pergudangan dan lain-lain. Termasuk dalam kategori ini penyewaan alat angkutan dengan pengemudi atau operator, juga kegiatan pos dan kurir.

Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum

Kategori ini mencakup penyediaan akomodasi penginapan jangka pendek untuk pengunjung dan pelancong serta penyediaan makanan dan minuman untuk konsumsi segera. Jumlah dan jenis layanan tambahan yang disediakan dalam kategori ini sangat bervariasi. Tidak termasuk penyediaan akomodasi jangka panjang seperti tempat tinggal utama, penyiapan makanan atau minuman bukan untuk dikonsumsi segera atau yang dijual melalui kegiatan perdagangan besar dan eceran.

Informasi dan Komunikasi

Kategori ini mencakup produksi dan distribusi informasi dan produk kebudayaan, penyediaan sarana untuk mengirimkan atau mendistribusikan produk-produk tersebut, dan juga data atau kegiatan komunikasi, teknologi informasi dan pengolahan data serta kegiatan jasa informasi lainnya. 

Nah, itu tadi adalah 10 jenis bidang usaha yang termasuk di dalam KLBI, Anda bisa melihat bidang usaha yang lebih lengkap di laman KLBI.

Bisakah satu perusahaan memiliki jenis usaha yang beragam?

Menurut KBLI, sepanjang usaha yang digeluti masih satu turunan dengan bisnis sebelumnya, maka masih diperbolehkan.Misalnya, bidang usaha Anda adalah peternakan sapi perah, namun Anda bukan hanya menjual susu, tetapi juga produk turunannya seperti keju, yoghurt, mentega, dan es krim. Hal itu masih sah untuk dilakukan karena bidang usaha digolongkan masih searah, sehingga tidak melanggar regulasi. Sebaliknya, bidang usaha yang Anda daftarkan adalah peternakan, namun Anda juga bergerak di bidang konstruksi, maka ini jelas tidak bisa.

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

  1. Tentukan bidang usaha yang Anda minati

Dengan memulai bisnis yang sesuai dengan passion Anda, tentu Anda akan melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tekun. Namun, perlu diingat juga apakah ide bisnis ini memenuhi kebutuhan pasar atau tidak. Jangan terburu-buru untuk memutuskan, karena Anda bukan saja bisa mengalami kerugian uang, tetapi juga immaterial.

  1. Pahami bidang bisnis Anda dan lakukan analisis pasar 

Setelah menentukan bidang bisnis yang ingin Anda mulai, segera pelajari bisnis Anda, bisa dimulai dari menentukan SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threats) dan lakukan analisis pasar. Ketahui apakah bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan pasar saat ini dan di masa yang akan datang. 

  1. Tentukan sasaran pasar

Dengan menentukan sasaran pasar yang tepat, bisa membantu Anda untuk menentukan bentuk produk atau jasa, harga, saluran distribusi, serta cara-cara efektif melakukan pemasaran.

  1. Menyesuaikan dengan modal

Jangan memaksakan diri untuk memulai bisnis jika Anda tidak memiliki modal yang cukup. Bisa-bisa baru memulai usaha sebentar, bisnis Anda sudah kehabisan modal.

  1. Tentukan lokasi dan lingkungan usaha

Jika Anda ingin memulai usaha secara offline atau memiliki toko/kantor fisik, lakukan survei lokasi dan lingkungan sekitar tempat usaha Anda. Pastikan di lokasi usaha Anda tidak banyak saingan dengan model bisnis yang sama. Ini tentu akan mempersulit bisnis Anda untuk berkembang.

  1. Lakukan tes produk ke target pasar dan segmen

Ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah bisnis Anda diterima dengan baik atau tidak oleh target pasar dan segmen Anda. Dari sini Anda juga bisa mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki atau dikembangkan.

  1. Saring kritik dan saran yang diperoleh

Jangan menelan kritik dan saran yang diperoleh mentah-mentah. Anda tetap perlu bijaksana dan mempertimbangkan kritik dan saran yang diperoleh tidak boleh berseberangan dengan visi dan misi bisnis Anda, agar bisnis Anda memiliki identitas atau ciri khas yang konsisten.

Kesimpulan

Membuka usaha memang bukan hal kecil. Anda perlu persiapan yang sangat matang, mulai dari fisik, materi, dan waktu. Meskipun bukan hal yang mudah, Anda tidak perlu bingung lagi untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membuka usaha, karena dengan bantuan dari founders, Anda bisa mewujudkan usaha impian Anda. Founders menawarkan jasa pendirian usaha mulai dari PT, CV, Perusahaan Perorangan, dan jenis badan usaha lainnya dengan harga yang sangat terjangkau. Anda jadi tidak perlu repot lagi untuk mengurus pendirian bisnis, karena semua proses akan dibantu oleh tim founders yang profesional dan berpengalaman.

Share the Post:

Menu

Bisnis Besar Berasal Dari Bisnis Kecil